Inilah 4 Cara Merawat Kelinci Yang Perlu Anda Ketahui

Sunday, May 31st 2015. | Flora dan Fauna

Cara merawat keinci – Kelinci adalah sebuah hewan mamalia yang banyak disukai oleh orang-orang karena kelucuannya. Banyak orang-orang menyukai kelinci karena bulunya yang indah dan memiliki beberapa jenis. Sekarang ini kelinci sudah banyak yang dibudi dayakan karena kelinci memiliki proses perkembangbiakan yang cepat. Namun agar kelinci tetepa bertahan hidup lama kita perlu menjaga kebersihan dan juga kesehatannya. Bulu-bulu pda kelinci juga perlu untuk mendapatkan perawatan khusus dan selalu dijaga kebersihannya agar tidak menimbulkan virus yang dapat membahayakan kesehatan manusia atau si pemelihara kelinci itu sendiri. Berikut kita akan membahas beberapa cara merawat kelinci dengan baik dan benar.

Cara Merawat Kelinci

Cara Merawat Kelinci

 

  1. Hal pertama yang perlu diperhatikan dari merawat kelinci adalah kandang kelinci itu sendiri. Buatla kandang dengan terbuka supanya sinar matahari dapat masuk ke dalam kandang. Hal ini dapat mencegah kandang menjadi lembab, karena kandang yang lembab akan menimbulkan jamur yang dapat menjadi penyebab dari penyakit kelinci. Kelinci dapat terkena jamur pada bagian telinga dan juga hidungnya. Dan buatlah lantai kandang dengan lubang-lubang agar kotoran kelinci langsung jatuh kebawah kandang.
  2. Yang kedua yaitu buatlah kandang kelinci dengan ukuran yang cukup untuk kelinci bergerak. Anda bisa membuat kandang dengan ukuran 60×60 ataupun lebih dari itu. Kandang dengan ukuran yang cukup tidak akan membuat kelinci mudah strees. Buatlah tempat makan dan minum secara terpisah dengan ketinggian yang dapat dijangkau kelinci dengan mudah, hal ini perlu agar kelinci tidak menginjak tempat makan dan minumnya sendiri.
  3. Dan kali ini adalah hal yang paling utama untuk diperhatikan dalam merawat kelinci yaitu makanan kelinci. Kita semua pasti sudah sangat tahu makanan utama dari kelinci adalah wortel. Namun selain wortel kita juga memberikan sayuran-sayuran lainnya sebagai tambahan. Sayuran yang dikonsumsi kelinci berbeda dengan manusia. Jika manusia baik mengkonsumsi sayuran yang masih segar, namun tidak demikian dengan kelinci. Sayuran yang akan diberikan sebagai makanan kelinci sebaiknya diberikan ketika sudah layu. Karena sayuran segar akan membuat kelinci berlebihan cairan. Selain sayuran kita juga bisa memberikan pelet yang tersedia di toko-toko hewan.
  4. Hal terakhir yang dapat kita lakukan dalam merawat kelinci adalah dengan pemeriksaan rutin ke dokter hewan. Hal ini sangat membantu dalam merawat kelinci. Karena dengan pemeriksan rutin kita dapat mengetahui dengan jelas kesehatan dari kelinci yang kita pelihara. Kelinci adalah hewan yang sangat mudah terkena jamur dan apabila hal tersebut tidak segera ditangani dapat menyebabkan kematian terhadapa kelinci.

Semoga beberapa cara mearwat kelinci di atas dapat membantu anda dalam merawat kelinci anda. Demikianlah beberapa cara merawat kelinci.

Related For Inilah 4 Cara Merawat Kelinci Yang Perlu Anda Ketahui